Translate This Blog

Driver Acer Aspire E1 - 431



Driver Acer Aspire e1 - 431

Pengertian Dan Fungsi Driver Komputer - Yang dimaksud dengan Driver Komputer adalah perangkat lunak yang akan menjadi jembatan penghubung antara Hardware penyusun sebuah computer dengan system opeasi yang terinstall. ibaratkan adalah Driver computer sebagai guide yang akan membimbing hardware untuk bekerja sesuai denga perintah User lewat perantara system operasi.

Fungsi Driver Komputer
Seperti yang telah dijelaskan tadi, fungsi dari driver sebagai sopir yang akan mengendarai perangkat hardware yang menyusun sebuah computer sehingga seluruh fungsi dari computer dapat berjalan sebagaimana mestinya. Jika computer tidak terinstall atau bermasalah, maka hardware yang drivernya belum terinstall tidak akan berfungsi, hal ini dapat ditandai dengan munculnya tanda seru kuning pada Device Manager. Sistem operasi biasanya telah memiliki database driver dalam jumlah yang kecil dan tidaklah cukup untuk membuat sebuah computer dapat beroperasi dengan maksimal.

Driver bawaan system operasi dengan fitur sederhana tersebut hanya sebagai pembantu kita sebelum menginstal driver yang sesuai dengan spesifikasi Hardware yang ada pada sebuah computer, baik itu computer Desktop, Komputer All In One, atau laptop. 
Namun untuk system operasi terbaru seperti Windows 8 dan Windows 8.1 dari Microsoft telah dibekali dengan database driver yang lumayan lengkap, ini dibuktikan dengan terbacanya seluruh hardware yang ada pada laptop Acer Aspire 4250 kesayangan yang telah saya jelaskan pada artikel 

Berapa Driver Yang Wajib Kita Install
Setelah melakukan install ulang computer atau laptop khususnya dengan system operasi dibawah Windows 8 dan Windows 8.1, biasanya hardware utama seperti Chipset, Lan, Wlan, Vga, USB belum berfungsi sebagaimana mestinya. Sedangkan untuk Audio dan Touchpad pada laptop jika diinstall dengan menggunakan Windows 7 akan terbaca dengan baik. Sedangkan untuk windows XP yang telah dipensiunkan oleh Microsoft, kemampuannya dalam membaca hardware sangatlah rendah.

Apakah Hanya Sistem Operasi Windows Yang Perlu Driver
Semua system operasi membutuhkan driver, tidak terkecuali system operasi Linux dan Mac OS. Khsus untuk Mac OS mungkin tidak perlu untuk menginstall driver setelah install ulang, karena baik itu Mac OS dan produk Apple seperti iMac, Mac Pro dan Macbook diciptakan oleh perusahaan yang sama, sehingga setelah selesai diinstall semua berjalan dengan sempurna.

Mac OS juga memerlukan driver tambahan jika diinstall pada computer biasa non Mac yang biasa disebut dengan Hackintosh. Hackintosh membutuhkan driver tambahan yang disebut kernel Extension (kext). Namun sayang, kext biasanya diciptakan oleh perseorangan yang akibatnya tidak semua hardware didukung dan kebradaannya juga terbatas.
 
Berbeda dengan PC dengan OS Windows yang hardwarenya dibuat oleh banyak produsen, hardware yang digunakan juga bermacam-macam merknya. Lain Windows lain pula dengan linux. System operasi Open Source yang satu ini tidak sebagus nasib system operasi yang lain, dimana sedikit sekali produsen computer yang mendukung dengan menyediakan driver yang dibutuhkan agar hardware dalam computer dengan system operasi linux dapat berjalan dengan sempurna.
 
Produsen computer yang support dengan linux biasanya telah menandatangani kontrak dengan linux sehingga computer yang diproduksi support sepenuhnya dengan linux. Khusus untuk linux ubuntu, anda bisa mengecek apakah laptop atau computer anda sudah disupport oleh ubuntu atau tidak silahkan kunjungi link berikut iniTidak banyak perusahaan yang melakukan kerjasama dengan system operasi linux (ubuntu0, beberapa diantaranya adalah Dell dan Hp yang merupakan pemain tua dalam industry computer modern.

Cara Mendapatkan Driver Komputer
Setiap pembelian computer atau laptop, biasanya dilengkapi dengan sebuah CD yang berisi driver yang diperlukan. Namun apabila CD driver bawaan laptop atau computer hilang atau rusak, produsen computer atau laptop telah menyediakan halaman khusus pada situsnya masing-msing tempat kita mendownload driver yang sesuai dengan produk computer yang kita gunakan.

IMG01346-20141011-0753
CD Driver Bawaan

Masalah Dalam Instalasi Driver Komputer
Sering kali saat menginstall driver, meskipun menggunakan driver bawaan sering terjadi kesalahan atau tidak berfungsinya hadware dengan baik. Ini salah satunya disebkan oleh ketidak cocokan driver dengan system operasi yang digunakan.

Untuk itu gunakanlah OS yang telah direkomendasikan oleh produsen computer atau laptop yang digunakan. Jika tetap ingin menggunakan system operasi yang tidak rekomendasikan karena factor kemudahan pengoperasian misalnya, anda bisa menggunakan Program Detect Driver yang telah saya ulas dibeberapa postingan sebelumnya.

Nah itulah sedikit informasi tentang Pengertian Dan Fungsi Driver Komputer, semoga bisa bermanfaat.

Previous
Next Post »
0 Komentar